21

March

PHP SAP CONNECTION


SAP, apa itu?  SAP adalah salah satu software ERP (Enterprise Resource Planning) yang diproduksi oleh SAP AG. Software ERP merupakan aplikasi yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk membantu proses transaksi, penyimpanan data, pengolahan data, serta menampilkan dalam bentuk report. SAP sendiri memiliki beberapa modul yang dapat digunakan perusahaan untu menunjang kegiatan bisnisnya. Bahasa pemrograman untuk pembuatan custom report di PHP adalah : ABAP. Penjelasan mengenai SAP bisa dilihat di : http://en.wikipedia.org/wiki/SAP_ERP.

PHP, apa itu? PHP adalah bahasa pemrograman yang di desain untuk pembangunan web dan menghasilkan halaman web yang dinamis. Teman-teman dari IT tentunya sudah familiar dengan PHP, karena cukup mudah untuk dipelajari. Penjelasan panjang lebarnya bisa dilihat di : http://en.wikipedia.org/wiki/PHP.

SAPRFC adalah modul ekstensi untuk PHP 4 dan PHP 5. SAPRFC digunakan untuk memanggil function ABAP di SAP R / 3 dari skrip PHP. Anda dapat menggunakan bahasa PHP kuat untuk membuat aplikasi web atau program interface dengan koneksi ke SAP R / 3. Anda juga dapat menulis program server RFC dalam PHP dan memanggil fungsi-fungsi PHP dari SAP R / 3. SAPRFC project dapat dilihat di : http://saprfc.sourceforge.net/

Sekarang kita akan memasuki hubungannya dengan PHP &SAP.

SAP sebenarnya menyediakan khusus koneksi2 utk berkomunikasi dgn Java dan Net, misalnya SAP Java Connector atau SAP NET Connector. Dan diluar itu sebenarnya tdk disediakan, tetapi API yg ada dpt di gunakan utk koneksi ke bahasa pemograman lainnya seperti PHP, Ruby, Phyton, VB/ASP,dll. Koneksi yg dilakukan dengan menggunakan SAP Remote Function Call (SAPRFC) yg berfungsi sbg client untuk memanggil SAP Function misalnya dengan PHP Command.

SAPRFC

Ketika saya mendapat pekerjaan utk membuat semacam aplikasi kecil yg dpt terintegrasi ke SAP utk proses Sales Order, saya memilih PHP utk mengembangkannya . Terima kasih kepada Eduard Koucky ( http://saprfc.sourceforge.net )yg telah mengembangkan extension modul PHP-SAP dgn SAPRFC. Instalasi dan pemakaiannya mudah menurut saya sebagai newbie di PHP. Contoh2 yg disediakan juga sangat membantu utk meng-generate kode2 yg kita butuhkan. Class ini dapat bekerja di PHP4 & 5.
Instalasi Windows

- Pastikan PHP sdh berjalan baik di IIS atau Apache.

- Instal SAP GUI / SAP Client software (SAP GUI 6.20)
- Download API & class dr http://saprfc.sourceforge.net . Lalu extract dgn buat directory baru saprfc, misalnya http://localhost/saprfc.

- Letakan file php_saprfc.dll sebagai modul extension ( C:\\php\ext ) dan tambahkan dlm php.ini (extension=php_saprfc.dll).

- Copy file librfc32.dll dr CD installer SAP GUI ke system C:\\Windows\system32.

- Restart Web Server dan cek phpinfo apa sudah terinstal.

SAPRFC on phpinfo

Instalasi Linux

Pengalaman saya untuk instal di Linux sebagai newbie tidak terlalu sulit juga asal kita mengikut petunjuk instal yg ada serta sedikit pengalaman instal Linux. Spesifikasi Linux yg pernah saya gunakan adalah Centos 4 dan Debian Sarge. Saya menggunakan minimal installer di Linux.
- Instal Apache dan PHP

- Install juga php_devel

- Instal GNU Tools (autoconf, automake, flex, libtool, gcc, m4, make)

- Instal compat-libgcc , compat-libstdc++……

- Kita memerlukan SAPSDK yg dpt diperoleh dr CD SAP yg terletak pada directory Linux/Unix dan dapat di temukan file RFC.SAR dan SAPCAR. SAPCAR adalah aplikasi dekompresi file dari RFC.SAR. Cara melakuka extract dgn mengetik ./SAPCAR -xvf RFC.CAR.

- Letakan hasil extract tadi ke directory /usr/sap/rfcsdk atau alternatif lain dalam /usr/local/rfcsdk atau /opt/rfcsdk tergantung dr instalasi yg dimaui.

- Download saprfc-..tar.gz, lalu di extract

$ gunzip -c saprfc-$VERSION$.tar.gz | tax xf -
$ cd saprfc-$VERSION$
$ phpize
$ ./configure
$ make
$ make install
- Restart Apache dan cek dgn phpinfo
Testing………..bersambung…..

Refersensi
http://phpug.or.id/2006/09/20/php-sap-connection-2/
http://pragmanocache.blogspot.com/2011/07/integrasi-sap-dan-php-via-saprfc-part-1.html
http://bukuabaphr.blogspot.com/2009/04/sap-abap-php-connector-dan-rfc.html

Share Bookmark


Calender

November 2017
MgSnSlRaKmJmSa
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930 

Categories


Andhie Quest's Facebook profile