31

August

LEGALITAS AIRSOFTGUN INDONESIA ( WAJIB DIBACA !! )

Rabu 31.08.2016   Umum   By Andhie Sulistyanto   Dibaca 1116


Dear All Brothers,
Setelah kita dihantam sekian banyak berita miring tentang Airsoft. Sekarang Saatnya kita menginformasikan Kebenaran tentang airsoft.
Mohon bantuan dari seluruh rekan rekan Airsofter Indonesia untuk "Membanjiri" media on line dengan link link berita baik kita.
Berikut Release dari Airsofter Indonesia. Mohon disebarluaskan disemua Grup, Trit, Hastag dan seluruh media online lainya.

PRESS RELEASE
AIRSOFTER INDONESIA
( PORGASI )
Jakarta, 18 Agustus 2013

1. Meluruskan pemberitaan negatif terhadap airsoft, seperti yang sudah kita dengar dalam beberapa
pekan ini. Bahwa apa yang banyak digunakan oleh oknum pelaku kejahatan adalah AIRGUN bukan
AIRSOFT.
2. Diharapkan rekan-rekan media dapat memberikan informasi yang seimbang ke masyarat
mengenai airsoft dan kegiatannya.
a. Airsoft tidak sama dengan senjata api
b. Airsoft tidak mematikan
c. Airsoft ini olahraga yang sudah dikenal secara internasional.
3. Airgun dan Airsoft itu berbeda dan sudah saatnya rekan-rekan media membedakan hal ini. (
Perbedaannya dapat dilihat pada presentasi )
4. Sebagai penghobby airsoft melihat olahraga ini mempunyai potensi yang sangat positif apabila
dikembangkan dari berbagai macam aspek misalkan : Pariwisata, Internasional, Bela negara
Keamanan Negara, Character building, Berorganisasi, dan hal-hal lain
5. Airsofter Indonesia terus berkoordinasi dengan Perbakin dan TNI/POLRI agar olahraga ini bisa
maju di Indonesia. ( Indonesia Airsoft Show 2008 & 2011 )
6. Prestasi Airsoft Indonesia sudah dikenal dengan keberhasilan salah satu “go Internasional” bahwa
Indonesia juga tidak kalah dalam pertandingan tembak reaksi, bahkan tahun depan ada kemungkinan ada pertandingan internasional ( WORLD SHOOT 2013)
7. Airsofter Indonesia mempunyai pemahaman yang sama pernyataan Bapak Brigjen Setyo Wasisto
( Dir Kamneg Baintelkam Polri ) mengenai Orange Tip, Energy dibawah 2 Joule, dan tata cara
membawa Airsoft menggunakan Gun Bag.

Regards,
Airsofter Indonesia
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
MULAI 1 AGUSTUS 2016 NEVERMORESHOP AKAN BEKERJA SAMA DENGAN PIHAK PERBAKIN, BAINTELKAM, POLRI DALAM MENDATA PARA PENGGUNA / PEMBELI AIRSOFTGUN DENGAN CARA MENGANJURKAN BAHWA " SETIAP PEMBELI WAJIB MEMBUAT KTA ( KARTU TANDA ANGGOTA ) & SKK ( SURAT KETERANGAN KEPEMILIKAN ) UNTUK SEMUA JENIS AIRSOFTGUN YANG BERSKALA 1:1 "
 
DASAR AIRSOFTGUN DI INDONESIA
Airsoft Gun bukan merupakan senjata api maupun senjata lain sebagai alat pemukul, penikam, atau penusuk sebagaimana dikenal dalam Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Mengubah "Ordonnantietijdelijke Bijzondere Strafbepalingen" (STBL. 1948 No. 17) dan Undang-Undang Republik Indonesia Dahulu Nomor 8 Tahun 1948. Oleh karena itu, perbuatan membawa atau memiliki Airsoft Gun bukan termasuk tindak pidana yang disebut dalam UU tersebut.. Dengan kata lain, belum ada aturan tegas yang mengatur soal penyalahgunaan Airsoft Gun.
 
Akan tetapi,  Airsoft Gun dikenal sebagai senjata api olah raga dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No. 8 Tahun 2012 tentang Pengawasan dan Pengendalian Senjata Api Untuk Kepentingan Olahraga.
 
Namun demikian, Airsoft Gun jelas disebut dalam peraturan lain, yaitu Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pengawasan dan Pengendalian Senjata Api Untuk Kepentingan Olahraga (“Perkapolri 8/2012”) sebagai salah satu jenis senjata api olah raga [Pasal 4 ayat (1) Perkapolri 8/2012].
 
Airsoft Gun adalah benda yang bentuk, sistem kerja dan/atau fungsinya menyerupai senjata api yang terbuat dari bahan plastik dan/atau campuran yang dapat melontarkan Ball Bullet (BB). Demikian yang disebut dalam Pasal 1 angka 25 Perkapolri 8/2012.
 
Meski peraturan ini tidak memuat sanksi pidana di dalamnya, akan tetapi, ada ketentuan-ketentuan hukum yang berkaitan soal Airsoft Gun yaitu:
1.    Airsoft Gun hanya digunakan untuk kepentingan olahraga menembak reaksi - Pasal 4 ayat (4) Perkapolri 8/2012;
2.    Airsoft Gun hanya digunakan di lokasi pertandingan dan latihan - Pasal 5 ayat (3) Perkapolri 8/2012;
3.    Persyaratan untuk dapat memiliki dan/atau menggunakan Airsoft Gun untuk kepentingan olahraga sebagai berikut: (Pasal 13 ayat (1) Perkapolri 8/2012)
a.    memiliki kartu tanda anggota klub menembak yang bernaung di bawah Perbakin;
b.    berusia paling rendah 15 (lima belas) tahun dan paling tinggi 65 (enam puluh lima) tahun;
c.    sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter serta Psikolog; dan
d.    memiliki keterampilan menembak yang dibuktikan dengan surat keterangan yang dikeluarkan oleh Pengprov Perbakin
4.    Harus memiliki izin pemilikan dan penggunaannya dari Kapolda u.p. Dirintelkam dengan tembusan Kapolres setempat, dengan dilengkapi persyaratan - Pasal 20 ayat (2) Perkapolri 8/2012;
5.    Izin penggunaannya berlaku selama 1 (satu) tahun terhitung sejak tanggal dikeluarkan dan dapat diperpanjang tiap tahun - Pasal 29 ayat (9) Perkapolri 8/2012.
 
Sebagai contoh kasus dapat kita temukan dalam artikel Bawa Air Gun, Polres Sampang Tangkap Pengendara Mobil, diberitakan bahwa sepucuk air gun berhasil diamankan oleh aparat Polres Sampang dari seseorang saat melintas di Jalan Pliyang Sampang tempat polisi menggelar razia rutin. Wakapolres Sampang Kompol Alfian Nurrizal mengatakan bahwa air gun memang bukan senjata api, tapi perlu diselidiki siapa yang memilikiair gun ini karena si pemilik tidak dapat menunjukkan bukti-bukti kepemilikan.
 
Terkait tindakan polisi yang menyita air gun itu, Alfian menuturkan bahwa tindakan tersebut merupakan diskresi aparat kepolisian. Dikresi yakni kebijaksanaan dalam hal memutuskan sesuatu tindakan berdasarkan ketentuan peraturan, undang undang atau hukum yang berlaku, tetapi atas dasar kebijaksanaan, pertimbangan atau keadilan. Pihaknya merujuk pada Pasal 18 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia (“UU Kepolisian”), yakni petugas melakukan suatu tindakan menurut penilaian sendiri.
 Pasal 18 ayat (1) UU Kepolisian:
“Untuk kepentingan umum pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya dapat bertindak menurut penilaiannya sendiri.”
 
Oleh karena itu, dalam praktiknya, adalah diskresi dari pihak kepolisianlah yang akan menilai apakah perbuatan memiliki atau membawa air gun itu merupakan tindak pidana dan tindakan hukum apa yang dapat dilakukan oleh kepolisian.
1.    Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Mengubah "Ordonnantietijdelijke Bijzondere Strafbepalingen" (STBL. 1948 No. 17) dan Undang-Undang Republik Indonesia Dahulu Nomor 8 Tahun 1948;
2.    Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia;
3.    Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pengawasan dan Pengendalian Senjata Api Untuk Kepentingan Olahraga.

About Airsoftgun ( For Newbie )

About airsoftgun ( for newbie ) 

Airsoftgun : Jadi ada 3 sistem Airsoftgun Yaitu:
Spring itu sistem pegas :) = One shot one Hit kaya sistem sniper rifle pada umumnya :) satu kali kokang tembak satu kalikokang tembak . Kalo mau beli spring cari FPS jangan bentuk biar ga rugi biasanya harga kisaran 200rban sampe 7jtan ( tergantung dari merk , bahan , kualitas dan segi fps ( feet per second )
 
AEG = Auto Electric Gun Airsoftgun ini menggunakan sistem Batrei untuk menggerakan Gearset,piston,Gearbox untuk melontarkan bb bullet secara otomatis - semi - burst tergantung unit hehe :) One reload automatic shot :) ini kayak real :). Kisaran harga pasar : 3jt +++ 

GBB : Gas blowback . Sistem ini menggunakan Gas Co2 / GreenGas. Jadi unit airsoftgunnya kaya asli ada recoilnya gitu :). Rata rata GBB full metal :) Harga kisaran Handgun GBB 1,8Jt sampe 9jt. Kalo Assault rifle 3jt sampe 25jt

Airsoftgun : AEG ( Auto Electric Gun ) - LPEG ( Low Power electric gun ) - Spring ( One shot one kill/Reload ) - GBB ( Gas Blowback ) - GBBR ( Gas blowback Rifle ) - AEP ( Auto Electric Pistol )

Share Bookmark


Calender

November 2017
MgSnSlRaKmJmSa
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930 

Categories


Andhie Quest's Facebook profile